JANGAN SIA-SIAKAN WAKTUMU

HIKMAH HARI INI

Jumat, Mei 20, 2011

INFO Pendaftaran mahasiswa Baru UNM Tahun 2011


Tahun ini UNM membuka kuota sebanyak 6.000 untuk mahasiswa baru, hal tersebut telah dibenarkan oleh Pembantu Rektor I Bidang Akademik UNM, Prof. Sofyan Salam, P.hd. 6000 kursi tersebut akan diisi melalui dua jalur penerimaan. Jalur penerimaan pada tahun ajaran 2011-2012, yaitu melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebesar 60 persen dari kuota yang disediakan dan jalur Mandiri sebesar 40 persen yang biasa dikenal dengan ujian lokal.Jalur SNMPTN terbagi lagi atas dua jalur, yaitu jalur Undangan berdasarkan pada penjaringan prestasi setiap siswa selama belajar di sekolah dan jalur Ujian Tulis. Akan tetapi, pendaftaran untuk jalur undangan sudah ditutup sejak tanggal 12 Maret yang lalu, untuk jalur ujian/ keterampilan akan dibuka pada tanggal 2-24 Mei mendatang. Jalur tersebut merupakan jalur penerimaan bersama yang akan dilakukan secara bersamaan di 60 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Jalur SNMPTN ujian tulis juga akan dilakukan secara bersamaan di seluruh Indonesia dengan sistem pendaftaran secara online pada website resmi SNMPTN di http: //snmptn.ac.id. Sekaitan dengan hal tersebut, Unhas berperan sebagai panitia lokal 82 dan UNM bersama dengan UIN merupakan panitia lokal 80. Jalur tersebut adalah jalur yang memiliki kuota terbesar pada penerimaan mahasiswa baru.

Jalur Mandiri adalah jalur lokal yang dikelola oleh masing-masing universitas. UNM dalam waktu beberapa tahun terakhir ini terbagi atas empat jalur penerimaan, yaitu pertama Ujian Tulis Lokal (Utul), kedua Program Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) A bagi siswa yang berprestasi, ketiga PMDK B bagi siswa yang memiliki bakat/ keterampilan sesuai dengan program studi yang dipilih, dan keempat PMDK C untuk program beasiswa bidik misi.

“UNM membuka Jalur Utul secara khusus untuk program studi Diploma Tiga (D3). Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 20 Juni -8 Juli mendatang di BAAK UNM dengan biaya pendaftran sebesar Rp. 250.000,” urai Prof. Sofyan.

Pada kesempatan yang sama Prof. Sofyan juga menambahkan bahwa untuk jalur PMDK, pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 1-11 Juli mendatang. Bagi calon pemilih jalur PMDK A atau PMDK B membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000 melalui rekening Bank BNI dengan nomor 0065670152. Selanjutnya, untuk PMDK C tidak akan dipungut biaya.

Jalur PMDK, calon peserta hanya memilih satu program studi dan formulir pendaftaran yang telah diisi uleh calon peserta diajukan secara kolektif oleh masing-masing sekolah kepada Rektor UNM, Prof. Dr. H. Arismunandar, M.Pd. Berkas pendaftaran tersebut diantarkan langsung ke alamat BAAK UNM, Kampus UNM Gunungsari Baru, Jl. A.P. Pettarani batasnya hingga 11 Juli mendatang. (P’tywy_Syarief_Humas UNM).
(sumber: website: unm.ac.id)

Tidak ada komentar: