JANGAN SIA-SIAKAN WAKTUMU

HIKMAH HARI INI

Selasa, Agustus 03, 2010

Rindukanlah Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan……..

Marhaban Ya Ramadhan, tamu yang agung akan segera datang, biasanya kalau ada tamu yang agung yang akan datang ke rumah kita maka kita pasti akan berusaha untuk menjamunya dengan jamuan yang terbaik…nah sudah siapkah kita untuk menjamu tamu kita yang agung ini??

Semua orang meridukannya kecuali orang-orang yang memiliki hati yang sakit, tidak ada sedikit pun rasa rindunya terhadap tamu yang agung ini, akan tetapi hati yang salim, yang bersih insya Allah senantiasa rindu akan datangnya bulan ramadhan.

Kenapa kita harus merindukan ramadhan????

Ini adalah pertanyaan yang sering muncul dari kalangan orang-orang yang tak mengenal agama dengan baik, mereka heran terhadap orang-orang yang sangat rindu akan datangnya ramadhan, mereka berkata kenapa kita harus merindukan bulan di mana kita serba terbatas, sedikit-sedikit haram, perut keroncongan pada siang hari, betis pegal di malam hari untuk shalat tarawih, dan syubhat-syubhat lainnya wa naudzu billah min dzalik.

Mereka berkata demikian karena tidak adanya pengetahuan mereka terhadap hakekat bulan yang mulia ini.. mereka adalah budak nafsu, yang senantiasa menuruti nafsunya, nafsulah yang mengalahkan akal mereka hati mereka nyaris tertutup untuk mengenal kebenaran, semoga orang yang berpikiran demikian segera mendapat petunjuk dari Allah Swt, sehingga mereka juga dapat menikmati buah manis dari bulan yang mulia ini..

Inilah tugas kita para da’I, memberitahukan kepada umat yang belum paham akan hakekat bulan yang mulia ini, mendakwahkan kepada mereka bahwa di bulan ini segala amal kebaikan dilipat gandakan, kesalahan-kesalahan kita akan dihapuskan, dan doa-doa kita akan terkabulkan, sadarkan kepada mereka yang masih percaya akan adanya tuhan, yang percaya akan adanya hari pembalasan bahwa bulan inilah tempatnya kita meraup pahala yang banyak, bagaikan petani yang lagi berada pada musim panen.

Menurut riwayat Ulama-ulama salaf kita merindukan bulan ramadhan 6 bulan sebelum datangnya, mereka berdoa kepada Allah agar dipertemukan dengan bulan yang mulia ini. Mengapa mereka melakukan ini, hal ini karena mereka paham betul akan keutamaan dan kemuliaan yang terdapat di bulan ramadhan.

olehnya itu kami juga mengajak kepada saudara-saudara sekalian, mari kita juga kobarkan semangat kita, munculkan kerinduan kita akan bulan yang mulia ini. Niatkan dalam hati kita untuk memaksimalkan ibadah di dalamnya, buat persiapan sebelumnya supaya kita dapat beribadah dengan maksimal, focus, dan tenang. Mudah-mudahan ketika bulan ramadhan meninggalkan kita, kita dapat tersenyum gembira, oleh karena rahmat dan ampunan Allah telah kita raih…Insya Allah…

Untuk memaksimalkan ibadah dibulan ramadhan, hendaknya kita persiapkan ilmu tentang ibadah-ibadah yang berkaitan dengan ramadhan, karena bagaimanapun semangatnya kita beribadah jika tidak disertai dengan cara yang benar sesuai dengan tuntunan rasulullah SAW, maka kita tetap akan merugi karena syarat diterimanya ibadah menurut para ulama salah satunya adalah dengan ittiba’u rasul yakni ada ikutan dari rasulullah SAW. Bukan ibadah yang dibuat-buat oleh segelintir orang yang sengaja membuat kebid’ahan yang kemudian menyebarkannya kepada masyarakat dengan berdalih bahwa “ini kan bulan ramadhan maka tak mengapa kita memperbanyak jenis ibadah”, wal iyadzu billah…..

Saudaraku ada banyak sumber ilmu yang kita bisa jadikan sarana untuk menuntut ilmu tentang ramadhan, diantaranya mendatangi daurah-daurah ramadhan, penataran seputar ramadhan, yang diselenggarakan oleh aktivis yang bergelut di medan dakwah ataupun panitia mesjid yang menfasilitasi umat ini untuk menuntut ilmu. Ataupun dengan cara yang lain seperti membaca buku-buku yang shahih seputar ibadah di bulan ramadhan, bertanya kepada ustadz, lewat internet dan sumber ilmu lainnya.

Akhirnya harapan kita bersama semoga bulan ramadhan tahun ini adalah ramadhan yang berbuah manis bagi kita dan Allah menjadikan kita sebagai hamba yang memanfaatkan bulan ini sebagai bulan “panen ibadah” dan kita memohon kepada Allah semoga kita dimudahkan untuk meraih semua itu. insya Allah, karena tanpa bantuan dan pertolongan Allah semuanya tak akan bisa terwujud. Amiin ya Rabbal Alamiin.

Syukran wa jazakallah khaira….

Wassalam alaikum warahmatullahi wabarakatuh…..

Note:

Bagi Ikhwa dan Akhwat dan kaum muslimin semua yang ingin ikut daurah seputar ramadhan bisa lihat infonya di sini…..



Tidak ada komentar: